Cara merawat kesehatan vagina

Cara merawat kesehatan vagina. Vagina merupakan organ kewanitaan yang harus dirawat dan dijga kebersihannya agar selalu sehat. Menjaga kesehatan vagina sangatlah penting. Jika tidak, beberapa gangguan kesehatan siap mengancam, seperti keputihan dan infeksi vagina. Hal ini juga berkaitan langsung dengan keharmonisan hubungan intim Anda dengan pasangan.


Sebagai seorang wanita tentunya Anda harus peduli dengan kesehatan organ kewanitaan Anda. Namun adakalnya seseorang tidak bisa menemukan informasi yang tepat tentang bagaimana cara perawatannya. Hal ini cukup bisa dimaklumi karena sebagian masih menganggap membicarakannya saja merupakan hal tabu.

Tapi tentu saja hal ini tidak boleh berlangsung terus menerus. Karena itulah, disini saya akan membahas mengenai cara merawat dan menjaga kesehatan organ kewanitaan tersebut.

1. Jaga Tingkat Keasaman

Keasaman vagina sekitar 7,1-7,3. Karena itu, wanita harus menjaga tingkat keasamannya dengan menjaga kebersihan vaginanya.

2. Ganti Pembalut

Jika sedang datang bulan atau mens, sebaiknya sesering mungkin mengganti pembalut. Jangan sampai pembalut Anda menempel karena dipakai seharian. Ini bisa mengganggu kebersihan vagina. Hal ini juga berlaku untuk celana dalam. Menurut Dr. Boyke, celana dalam harus diganti 2 sampai 3 kali sehari.

3. Sabun Khusus

Sesudah berhubungan seks, bagian luar vagina sebaiknya dibersihkan dengan sabun antiseptik khusus vagina.

4. Periksakan

Bagi wanita yang sudah melakukan hubungan seksual dan sudah pernah melahirkan, dianjurkan melakukan pap smear setahun sekali. Bagi yang sudah menopouse dianjurkan melakukan pap smear 2-3 tahun sekali.

5. Jaga Berat Badan

Jaga berat badan Anda agar tetap normal. Sebab wanita yang gemuk, vaginanya akan tertutup lipatan lemak dan menyebabkan vagina mudah lembab.

6. Menjaga Kesehatan

Jaga kesehatan tubuh Anda secara umum. Sebab dengan tubuh sehat, energi yang cukup dan vitamin yang cukup, tentu Anda bisa melakukan hubungan seks dengan sehat pula.

7. Daun Kemangi

Salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk merawat kesehatan vagina adalah daun kemangi. Caranya pun cukup mudah, daun kemangi dan pandan wangi di tumbuk halus di beri air 1/2 gelas kemudian di peras untuk di ambil airnya. Tambahkan gula aren dan garam dapur secukupnya dan aduk hingga rata. Ramuan ini diminum dua kali sehari sesudah makan dan setiap menjelang tidur.

Lakukan tips-tips diatas secara rutin untuk menjaga kesehatan vagina Anda. Coba dan lihat hasilnya dalam dua minggu.